SEKILAS INFO
28-11-2022
  • 1 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 1 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
15
Jul 2021
MATSAMA Tetap Semangat di Tengah PPKM Darurat

Kegembiraan terpancar dari wajah siswa-siswi baru MI Narrative Quran dalam acara MATSAMA (Masa ta’aruf Madrasah) online.

Ya.. tahun 2021 dimasa pandemi covid 19 pemerintah memberlakukan PPKM darurat, sehingga kegiatan Matsama tahun pembelajaran 2021/2022 harus dilakukan secara online. “tahun ini Matsama harus online lagi sesuai edaran dari pendma Lamongan”. kata ustdazah Lilik selaku Kamad MINAN pada rapat pra Matsama.

Meskipun diselenggarakan secara online,  tidak memadamkan semangat mereka mengikuti kegiatan Matsama sampai akhir. Matsama sendiri dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 11,12 dan 13 juli 2021 dan dimulai pada pukul 08.00-09.00 WIB via aplikasi zoom.

“Dengan durasi yang sedikit ini matsama online tetap menyenangkan anak-anak”, ujar ustadzah Hely selaku ketua Matsama Minan. Durasi 1 jam ini dimanfaatkan betul oleh ustdz-ustadzah MINAN dalam menyambut peserta didik baru MI Narratife Quran agar tetap membuat kesan kepada anak-anak.

Hari pertama tanggal 11 Juli 2021 anak-anak diperkenalkan kepada semua ustdz-ustdzah yang mengajar di Minan. Ustadzah Hely selaku pemandu Matsama online memperlihatkan rekaman video perkenalan ustadz-ustadzah  kepada anak-anak yang diputarkan di aplikasi Zoom. Semua ustad-ustadzah memperkenalkan diri satu persatu dengan menyertakan nama, alamat, jabatan dan pelajaran yang diampuh. dihari pertama anak-anak peserta Matsama juga mendapat PR (pekerjaan rumah) untuk membuat vidio perkenalan diri dengan memakai seragam Minan.

Hari ke-dua selasa 12 juli 2021 peserta Matsama online diperlihatkan program-program unggulan MINAN di youtube yang sudah di share oleh room teacher masing di grup kelasnya. program tersebut adalah tiga pilar MI narrative Quran yaitu : WiridQu (Writing & Reading Qur’an), Qurma (Qur’an & Makna), dan Litbas (Literasi dan Bahasa). Tugas anak-anak dihari kedua membuat video membaca salah satu surat dari juz Ammah dan dikirimkan kepada masing-masing room teachernya.

Hari ketiga Matsama online peserta Matsama online mendapat cerita atau dongeng dari masing-masing room teacher digrup WatsApp (WA) kelasnya. setelah itu kegiatan Matsama online ditutup dengan zoom meeting yang dihadiri semua peserta Matsama online dan ustadz ustadzah Minan. tak lupa anak-anak harus menuliskan beberapa kalimat tentang Minan.

Meskipun tidak bisa melakukan Matsama tatap muka sepeeti biasanya, Matsama online tak kalah seru dan mendapat apresiasi baik dari peserta Matsama online dan wali murid. “Matsama online Minan dikonsep dengan baik, selain menyenangkan juga sangat mendidik. jadi tidak sabar anak saya bisa sekolah tatap muka”. kata salah satu wali murid mengirim pesan ke room teacher.

Rasa syukur terucap dari ketua Matsama, Ustadzah Hely yang sekaligus room teacher kelas 1A setelah menutup kegiatan Matsama online. “kita dapat sambutan baik dalam menyelenggarakan Matsama online ini, ingin ketemu langsung anak-anak untuk belajar bersama”.

 

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 / NSM : 111235240537

Jl. Kalianyar (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216