
Berbicara kepemimpinan organisasi Madrasah, kepala Madrasah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala Madrasah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin.
Kepala Madrasah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan Madrasah serta warga Madrasahnya. Rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh guru, siswa dan orangtua. Termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan di masa tanggap darurat Covid-19.
Kepala Madrasah memegang peranan vital sebagai leader dalam membangun atmosfir pendidikan dan memastikan peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran bermakna, seperti guru MI Narrative Quran Lamongan yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada siswanya dengan tetap menggunakan pembelajaran aktif.
Walaupun pembelajaran dilaksanakan di rumah, pembelajaran di MI Narrative Quran Lamongan sebagai Madrasah tetap menerapkan salah satu pembelajaran aktif. Oleh sebab itu saya yakin dengan adanya pengambilan langkah-langkah yang tepat dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak Madrasah, maka proses pembelajaran dan pengajaran di tengah wabah Covid-19 akan berjalan lancar. Dengan adanya keputusan yang mensyaratkan siswa dan guru melakukan pembelajaran dari rumah maka kepala Madrasah harus mampu menularkan semangat perubahan kepada guru, siswa dan orangtua secara cepat, dan akurat.
Wabah yang sedang berlangsung ini sangat memprihatinkan dan tentu saja pihak Madrasah harus ikut andil dalam melakukan upaya upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu seiring dengan new normal yang telah diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi langsung. Aamiin Ya Rabbal’alamin