SEKILAS INFO
23-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 3 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
Filosofi Seragam

Salah satu misi yang diusung MINAN adalah membangun kultur akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai goal tersebut, pembelajaran MINAN tidak hanya berlangsung di dalam kelas saja namun MINAN tetap memberikan wacana edukatif dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai contoh, sikap tawadhu’ kepada guru, kebiasaan berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas, juga menjunjung adab berbusana sesuai tuntunan agama.

Di dalam seragam, ada makna beragam. Di dalam busana, ada pesan moral yang bertahta. Kandungan pesan tersebut bersumber dari Alquran sebagai filsafat ilmu yang wajib digali dan diamalkan. Sesuai brand MINAN, kreasi lahir dari suatu narasi Alquran yang menghiasi. Oleh karenanya, Grand Theme SERAGAM MINAN adalah SURAH (School Uniform Reaching Adorable Heart/Seragam Madrasah ‘tuk Mencapai Keindahan Hati)

Berikut desain dan makna seragam MINAN

 

Senin AT-TIN (Almamater Integrity)

Integrity (integritas) dalam etika diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran. Almamater yang disandang siswa adalah cermin jiwa yang jujur dan berbudi pekerti luhur.

Moral Value:

AT-TIN adalah Surah ke 95 (Buah Tin)

  • Manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya
  • Yang menjadi pokok kemuliaan manusia ialah iman dan amalnya

 

Selasa Al-A’la (Advanced level – Ambition of Life Achievement)

Seragam di hari Selasa bernuansa cita-cita. Salah satu profesi yang ditampilkan adalah sebagai seorang pilot dan pramugari. Ini adalah semiotika bahwa langit adalah sahabat bagi para pengendara kehidupan. Jika ada istilah capailah cita-citamu setinggi langit, maka harus ada kendaraan berteknologi super yang harus dinaiki dengan bekal ilmu pengetahuan dan etika/kesantunan. MINAN siap mengantar anak didiknya mencapai cita-cita setinggi-tingginya dengan prestasi yang terus diukir.

Moral Value:

Surah ke -87 (Yang paling tinggi)

  • Bertasbih dan menyucikan diri adalah pangkal keberuntungan

 

Rabu An-Naba (An Energetic Batik)

Batik adalah busana nasional yang wajib dilestarikan. MINAN tetap mengedepankan budaya Indonesia dengan menghadirkan  busana batik yang penuh semangat. Siswa-siswi MINAN adalah siswa yang penuh semangat dan menjadi pembangkit mimpi besar yang selalu menjadi inspirasi.

Moral Value:

Surah ke 78 (Berita Besar)

  • Hari berbangkit
  • Penciptaan alam dan nikmat-Nya adalah bukti kekuasaan-Nya membangkitkan manusia
  • Kehebatan hari berbangkit
  • Balasan terhadap orang durhaka
  • Balasan terhadap orang bertakwa
  • Perintah memilih jalan yang benar

Implisit:

Bangkit dari segala keterpurukan masa lalu untuk menata masa depan

 

Kamis Asy-Syams (Artistic and Youthful Syar’i Gamis)

Guru-guru MINAN berjiwa muda, artistik dan penuh semangat dalam mendidik siswa-siswinya. Bersatu dalam memupuk semangat belajar anak-anak dengan menghadirkan nuansa Islami berbalut busana gamis yang anggun dan menawan.

MINAN adalah madrasah yang memancarkan kemilau kesuksesan dan menjadi matahari di dunia pendidikan. MINAN menerangi dengan gagah dan menjadi pusat sistem pembelajaran yang menuntun siswa-siswinya menggapai impian menembus dimensi lazuardi.

Moral Value:

Surah ke-91 (Matahari)

  • Manusia diilhami Allah SWT jalan yang buruk dan yang baik

 

Jumat Al- Jumu’ah (A leading Jariyah for Ummah)

Jumuah Bersedekah menjadi tema hari Jumat. Siswa-siswa diajarkan semangat berbagi dan peduli kepada sesama. Seragam pramuka simbol kepribadian bangsa menjadi akar yang terus dibangun agar siswa mampu menerapkan amal kebaikan untuk kepentingan umat.

Moral Value:

Surah ke -62 (Hari Jumat)

  • Pengutusan Nabi Muhammad SAW adalah karunia Allah kepada umat manusia
  • Beberapa hukum yang berhubungan dengan salat Jumat

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 | NSM : 111235240537

Jl. Soekarno Hatta Kompleks Narrative City (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216