Lamongan, 26 Februari 2025 – MI Narrative Quran Lamongan sukses menggelar serangkaian kegiatan edukatif dalam program WAJADA (Wahana Belajar di Luar Madrasah), Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta Sumatif Tengah Semester. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 24-25 Februari 2025, dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna bagi para siswa.
Pada hari pertama, siswa kelas 1 dan 2 mengikuti kegiatan praktik ibadah dan pengenalan safari lingkungan masjid di Masjid Namira. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang tata cara ibadah yang benar serta menumbuhkan kecintaan terhadap masjid sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan keislaman.
Sementara itu, siswa kelas 3 dan 4 melaksanakan kegiatan perniagaan hasil bumi dengan tema profesi masyarakat. Dalam kegiatan ini, siswa belajar tentang berbagai profesi yang berkaitan dengan pertanian dan perdagangan, serta memahami pentingnya perekonomian berbasis hasil bumi dalam kehidupan masyarakat.
Pada hari kedua, siswa kelas 5 dan 6 melakukan kunjungan edukatif ke Pasar Tradisional Sidoharjo. Dalam kegiatan ini, siswa belajar secara langsung tentang sistem jual beli tradisional, interaksi sosial di pasar, serta bagaimana aktivitas ekonomi berlangsung di lingkungan masyarakat.
Kepala MI Narrative Quran Lamongan, Ustazah Lilik, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih nyata kepada siswa.
“Kami ingin siswa tidak hanya memahami materi secara teori, tetapi juga mengalami langsung bagaimana ilmu yang mereka pelajari di kelas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan, keterampilan sosial, serta karakter siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MI Narrative Quran Lamongan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang inovatif dan berbasis pengalaman nyata guna mencetak generasi yang berkarakter, berilmu, dan berakhlak mulia.