SEKILAS INFO
26-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 3 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
21
Jul 2023
Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MI Narrative Quran TP 2023-2024

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dengan akronim MATSAMA merupakan kegiatan untuk mengenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan madrasah juga warga madrasah di tempat mereka akan memeroleh bekal ilmu. Tentu saja bukan tanpa tujuan. Hal ini dilaksanakan agar semua peserta didik dapat mengenal linngkungan tempat mereka belajar dengan baik sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman ketika berada di madrasah. Kegiatan MATSAMA ini dilaksanakan selama empat hari dimulai hari Senin tanggal 17 Juli 2023 hingga Jum’at tanggal 21 Juli 2023.

Kegiatan pada hari pertama diawali dengan pembukaan MATSAMA pagi yang dilanjutkan dengan perkenalan seluruh civitas akademik dewan Asatidz yang dilanjutkan dengan pemasangan ID Card secara simbolis kepada perwakilan peserta didik baru MI Narrative Quran oleh Ibu Kepala Madrasah. Kegiatan pun dilanjutkan dengan berkenalan sesama teman satu kelas sebagai proses sosialisasi peserta didik yang dilanjutkan dengan pembiasaan sholat sunnah Dhuha yang dilakukan secara berjamaah. Hal ini bertujuan mengenalkan slalat sunnah sejak dini kepada peserta didik. Kegiatan dilanjutkan pengenalan profil dan tata tertib serta berkeliling lingkungan MI Narrative Quran.

Sebagai proses pembiasaan, kegiatan matsama pada hari kedua diawali dengan pelaksanaan wudhu dan pembiasaan shalat sunnah Dhuha. Selesai shalat berjamaah dan berdoa, kegiatan dilanjutkan dengan Outbond dan fun game, acara ini bertujuan menanamkan rasa keberanian dan kebersamaan bersama teman-teman saat di sekolah sehingga menimbulkan rasa menyenangkan ketika belajar. Permainan yang menyenangkan ini tentunya tidak terlepas dari sarat edukasi. Kgiatan ini dilakukan bersama guru non-wali kelas agar peserta didik secara bertahap mengenal guru lain selain wali kelas. Dalam kegiatan ini, peserta didik diajak bermain di luar kelas.

Pembiasaan shalat sunnah Dhuha menjadi kegiatan rutin untuk mengawali pembelajaran dan kegiatan setiap hari. Matsama pada hari ketiga diisi dengan kegiatan Penjaringan Mukmin Kelas 1 untuk penampilan di pentas seni yang akan ditampilkan pada puncak acara hari terakhir.

Kegiatan matsama pada hari terakhir yaitu pentas seni dan penutupan MATSAMA, diisi dengan acara penampilan Demo Ekstrakurikuler dari para Mukmin Minan kelas 2-6 yang dilanjutkan bakat dari siswa kelas 1. Semoga kegiatan ini dapat menjadi titik awal yang baik bagi para siswa untuk mengeksplorasi potensi dan kemampuan mereka, serta menjalin hubungan yang baik antara siswa, guru, dan orang tua/wali murid.

Dengan selesainya acara MATSAMA ini, MI Narrative Quran menunjukkan komitmen dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan bagi siswa-siswanya. Semoga acara ini dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi siswa dalam menghadapi tahun ajaran yang baru.

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 | NSM : 111235240537

Jl. Soekarno Hatta Kompleks Narrative City (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216