SEKILAS INFO
18-04-2024
  • 3 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 3 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
10
Jan 2022
0
Cordoba, Sang Mutiara Dunia  

Kota Cordoba terletak di sekitar sungai al-Wadi al-Kabir. Kota ini ditaklukkan oleh panglima Islam yang bernama Thariq bin Ziyad dengan merebutnya dari tangan kekuasaan Romawi. Sejak itu Cordoba mengalami kecemerlangan tatanan hidup yang baru.   ota Cordoba adalah suatu nama yang senantiasa memiliki alunan nada yang khusus di telinga setiap orang Eropa yang mempercayai kebangkitan dan peradaban kemanusiaan. Cordoba menjadi terdepan karena empat alas an; Pertama, jembatan al-Wadi, kedua Masjid Jami, ketiga az-Zahra dan yang keempat ilmu pengetahuan.

Cordoba mencapai puncak kejayaan pada masa khalifah pertama Ummayah di Andulusia, Abdurrahman Ad-Dakhil.. Kota Cordoba dijadikan sebagai ibu kota Daulah Ummayah II. Pada masa itu, Cordoba menjadi pusat ilmu pengetahuan dan peradaban dunia hingga menyaingi Konstantinopel. Baghdad dan Kairo, sehingga orang-orang Eropa menyebutnya sebagai “Mutiara Dunia”.

Masjid Cordoba pertama kali dibangun oleh Abdurrahman Ad-Dakhil. Masjid tersebut sangat indah dan luas serta megah. Masjid ini, dulunya, tidak hanya sebagai  tempat ibadah, namun juga sebagai universitas. Dari universitas ini lahir banyak ilmuwan muslim, seperti Az-Zahrawi, Ibu Bajah, Muhammad al-Ghafiqi, Ibu Abdil Barr, Ibnu Rusyd, al-Idrisi, Abu Ja’far al-Qurthubi dan lainnya.  Namun masjid megah ini telah diubah menjadi katedral sejak jatuhnya Andalusia dari tangan kaum muslimin. Menaranya telah berubah menjadi tempat lonceng kebaktian geraja.

Kemajuan Kota Cordoba di abad 10 Masehi melebihi kota-kota lain yang ada di Eropa. Kota ini menjadi tempat perhatian dunia dan sesuatu yang mengagumkan, sama halnya dengan Kota Venesia di Balkan. Para turis yang datang dari Utara merasakan kekhusyukan dan kewibawaan kota yang memiliki tujuh puluh perpustakaan dan sembilan ratus pemandian umum ini.

Ketika para pemimpin Kota Lyon, Nevar, dan Barcelona membutuhkan ahli bedah, insinyur, arsitek bangunan, penjahit pakaian atau ahli musik, maka mereka langsung menuju ke Kota Cordoba. Inilah kesaksian orang Barat, J. Brand Trend, terhadap Kota Cordoba pada abad keempat Hijriyah (sepuluh Masehi).

Sebagai perpanjangan dari peradaban Islam, baik dari segi ilmu, nilai, dan keagungan, muncullah sang bintang, Kota Cordoba, yang menjadi saksi bisu atas pencapaian peradaban kaum muslimin dan kemuliaan Islam pada saat itu, yaitu pada pertengahan abad keempat Hijriyah atau sepuluh Masehi ketika bangsa Eropa dalam kegelapan.

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 | NSM : 111235240537

Jl. Soekarno Hatta Kompleks Narrative City (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216