SEKILAS INFO
23-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 3 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
8
Mar 2021
0
Quran dan Makna (QURMA), Inovasi Pembelajaran Abad 21 (Unduh Qurma: Bagian 4)*

QURMA (Quran dan Makna) merupakan mata pelajaran muatan lokal yang dihadirkan oleh MI Narrative Quran (MINAN). Mata pelajaran ini mengusung konsep bercerita atau bernarasi sebagai metode dalam menyampaikan materi. Kompetensi yang ingin dicapai dari QURMA adalah anak-anak mampu menceritakan kisah-kisah Islami yang terkandung di dalam setiap surahnya.

Buku ajar QURMA disusun secara mandiri oleh guru-guru MINAN. 114 surat Al-Qur’an didistribusikan di setiap kelas berdasarkan urutan surah. Dengan demikian, di setiap kelas akan mempelajari 20 surat, atau 10 surat dalam tiap semester. Sedangkan surat Al-Fatihah ditetapkan pada bagian awal buku di setiap kelas.

Di setiap bagian buku QURMA, siswa-siswi mempelajari Al-Qur’an dan kandungannya. Sistematika buku tersebut memuat komposisi sebagai berikut:

  1. BIBIT QURMA (Bernarasi dalam Bait)
  2. BATANG QURMA (Membaca Cerita Panjang)
  3. BUAH QURMA (Bukti dan Hasil)
  4. JUS QURMA (Jawaban Uraian Surah)
  5. DAUN QURMA (Diskusi Ayat Narasi)
  6. AKAR QURMA (Alkisah dalam Karangan)
  7. PELEPAH QURMA (Penulisan Lafan Hafalan)

Komposisi dalam buku tersebut merupakan inovasi yang lahir sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang fun, berorientasi pada kemampuan narasi dan literasi. Di awal pembahasan setiap surat, melalaui BIBIT QURMA, anak-anak diajak bernyanyi.

BIBIT QURMA merupakan lirik dan lagu yang disusun berdasarkan informasi umum surat, seperti; nama dan nomor surat, jumlah ayat, kategori Makkiyah-Madaniyah, dan sekilas tentang kadungan yang termuat dalam surat.

Melalui cerita dalam BATANG QURMA, anak-anak akan lebih tertarik mempelajari dan menganalisa bacaan secara mandiri. Melalui anak-anak tak merasa digurui atau diceramahi. Melalui cerita, nilai-nilai islami lebih mudah tersampaikan. Mereka akan dengan senang hati menikmati cerita tanpa sadar dirinya sedang diajarkan tentang sesuatu. Anak-anak diperkenalkan lebih dekat dengan Al-Qur’an dan kandungannya melalui kisah, seperti menyimak dan membaca kisah-kisah dalam BATANG QURMA.

Selain itu, pengujian pemahaman siswa juga dihadirkan di dalam buku QURMA.
BUAH QURMA dan JUS QURMA, merupakan bagian yang berisi pertanyaan-pertanyan dan kolom jawaban.

Adapun DAUN QURMA memuat kajian mufrodat ayat atau terjemah perkata yang diambil dari surat yang dibahas. Pengembangan literasi diaplikasikan pada bagian AKAR QURMA, dimana siswa diminta menulis ulang kisah dengan bahasa mereka sendiri. Terakhir, pada bagian PELEPAH QURMA, siswa harus menulis ayat.

Selain ranah kognitif, MINAN juga memperhatikan ranah keterampilan siswa. Melalui program POHON QURMA (Panggung Orasi Hiburan dan Obrolan Narrative), siswa diberikan ruang untuk mengaktualisasikan dirinya dalam menampilkan narasi kisah. Program ini menjadi program rutin yang diadakan setiap tiga bulan.

Hadirnya QURMA di MI Narrative Quran diharapkan mampu memberi inspirasi baru dan manfaat di dalam pembelajaran Al-Qur’an di madrasah, untuk menjawab tantangan zaman dan untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu, semoga pendidikan agama Islam untuk mencetak generasi Islami, sesuai yang dicita-citakan oleh Kementerian Agama dapat tercapai. [] (mma)

*Artikel telah dipublikasikan di laman Artikula.id dengan judul “Memetik Qurma di MINAN (MI Narrative Quran) Lamongan”

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 | NSM : 111235240537

Jl. Soekarno Hatta Kompleks Narrative City (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216