SEKILAS INFO
18-04-2024
  • 3 tahun yang lalu / Madrasah Ibtidaiyah Narrative Quran (MINAN) adalah pengukir sejarah pendidikan baru di Lamongan yang berkomitmen melahirkan generasi emas pecinta Al Quran yang mampu mengisahkan narasi Al Quran dengan kemahiran bahasa yang dimilikinya.
  • 3 tahun yang lalu / Senin, 25 Januari 2021 Pengumuman Placement Test Peserta DiDik Baru Tahun Pembelajaran 2021-2022.
7
Jun 2021
0
Nabi Muhammad SAW dan Kemukjizatan Al-Qur’an

Nabi Muhammad saw. adalah Nabi yang Dinantikan

Al-Qur’an sebagai sebuah kitab merupakan penyempurna kitab-kitab yang telah mendahuluinya. Kitab-kitab itu antara lain; Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa as.; Zabur yang diterima Nabi Daud as.; dan Injil yang diberikan kepada Nabi Isa as.

Tiga kitab tersebut menjadi sumber ajaran bagi umat-umat sebelum diutusnya Nabi Muhammad saw. Selain itu, tiga kitab itu menjadi perantara informasi tentang akan datangnya utusan Allah yang terakhir, yakni Nabi Muhammad saw.

Sementara sebagaimana yang kita ketahui, rasul terakhir itu menerima kitab Al-Qur’an. Tentu, Nabi Muhammad adalah nabi yang ditunggu-tunggu oleh ahli kitab yang menjaga ajaran-ajaran dari kitab terdahulu yang mereka pelajari. Sedangkan Al-Qur’an pastilah kitab yang dinanti-nanti oleh mereka. Al-Qur’an sekaligus menjadi mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad saw.

Berbagai Mukjizat Nabi Muhammad saw.

Mukjizat ialah suatu hal luar biasa yang terjadi pada diri seorang nabi atau rasul. Kita dapat mengetahui dari berbagai sumber bahwa Nabi Muhammad saw. mengalami banyak hal yang luar biasa.

Bahkan sebelum mendapatkan risalah (menjadi rasul), telah tampak suatu yang luar biasa yang dialami oleh beliau. Seperti ketika kelahirannya, terjadi goncangan luar biasa pada istana Unusyirwan, padamnya api abadi kaum Majusi, dan sebagainya.

Air susu Halimah yang telah kering tiba-tiba menjadi melimpah atas keberkahan Nabi Muhammad yang masih menyusu. Keberkahan itu tampak hingga pada kambing-kambingnya yang berkembang tidak seperti biasanya.

Masih banyak lagi hal luar biasa yang terjadi pada diri Nabi Muhammad. Tumbuhnya rumput pada bekas pijakan kaki Nabi saw, dibelah dadanya oleh malaikat, hingga awan yang senantiasa menaunginya merupakan hal ajaib yang menjadi tanda sebelum kenabian (irhas).

Ketika dewasa, Nabi Muhammad saw. membelah bulan, mengeluarkan air dari celah jemarinya, menjadikan makanan sedikit mencukupi untuk jumlah yang dibutuhkan, hingga peristiwa Isra’ Mir’aj, perjalanan yang secara nalar mustahil ditempuh semalam.

Semua mukjizat tersebut, memang hal yang luar biasa yang dikuasakan oleh Allah kepada Nabi Muhammad saw. dengan tujuan melemahkan kaum yang tidak mempercayai risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Melalui mukjizat itu, diharapkan dapat menjadi bukti kebenaran risalahnya.

Tentu saja, ada beberapa yang beriman setelah menyaksikan atau mendapatkan informasi mengenai mukjizat tersebut. Akan tetapi, Al-Qur’an merupakan mukjizat yang paling mengagumkan diantara semua mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad.

Apa saja sisi kemukjizatannya sehingga Al-Qur’an disebut sebagai mukjizat terbesar?

Baca lanjutan uraiannya…

Aspek-aspek Kemukjizatan Al-Qur’an

Agenda Kegiatan

Video Terbaru

Data Madrasah

MI Narrative Quran Lamongan

NPSN : 69993353 | NSM : 111235240537

Jl. Soekarno Hatta Kompleks Narrative City (Selatan Perumahan Green Flower) Lamongan (0322) 3106655
KEC. Lamongan
KAB. Lamongan
PROV. Jawa Timur
KODE POS 62216